BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Rabu, 30 Desember 2009

tugas 9- PERIPHERALprinter

Tugas di Blogspot

PERIPHERAL DEVICE “PRINTER”

1. Apa printer itu sih ?
2. Gunanya ?
3. Jenis-Jenis Printer ?
4. Merek-Merek Printer beserta Nama Pabriknya; Alamatnya; Harganya ?
5. Kelebihan dan Kelemahan Printer Non Infus ?
6. Cara Merawat Printer Non Infus ?
7. Kelebihan dan Kelemahan Printer Infus ?
8. Cara Merawat Printer Infus
9. a. Cara Setting Dalam 1 Komputer Diisi Berbagai Jenis Driver Printer.
b. Manfaatnya ?
10. Cara Setup Kertas Sebelum Mencetak Dokumen yang meliputi :
a. Margin Alignment (Left, Right, Up, Bottom, Gutter) ?
b. Jenis Kertas yang akan dipakai ?
c. Cara mengubah Ukuran inchi ke Cm?
11. Cara Mengatasi Printer Ngeblink ?
12. Troubleshooting Printer?
13. Jelaskan, bisakah virus merusak printer !!!
JAWABAN:

•saat ini ada 3 jenis printer yang banyak beredar di pasaran yaitu printer inkjet, laser, dan multifungsi. Seperti halnya computer, laptop, notebook yang berkembang, printer dan juga tempat service notebook juga menjamur sekarang.
Jenis printer inkjet akan cocok untuk kebutuhan personal/pribadi untuk di rumah atau perusahaan kecil dan sering digunakan untuk mencetak teks. Walaupun demikian, printer inkjet ini juga mampu mencetak grafis dengan kualitas yang tentu saja tidak sebaik laser. Sebab, umumnya printer deskjet merupakan printer beresolusi 600 dpt untuk teks hitam putih dengan kecepatan 12 ppm dan 10 ppm untuk jenis warna dan 2400×1200 dpi mode included untuk jenis kertas foto. Seperti kita ketahui bahwa kualitas cetak printer ditentukan oleh resolusi yang dihitung dengan satuan dpi (dot per inci) persegi. Printer jenis ini tersedia di pasaran dengan harga relatif terjangkau, baik harga printer-nya sendiri maupun biaya perawatannya, seperti tinta refill yang bisa diisi ulang.
Sedangkan untuk jenis laser printer, cocok untuk kantor dengan jaringan (local area network/LAN) cukup besar dan atau kantor yang mengutamakan kecepatan, efisiensi, dan kualitas pencetakan cukup tinggi. Dengan cara kerja mirip mesin fotokopi yaitu menggunakan photographic drum, jenis laser ini mampu memproduksi hasil cetakan yang cukup baik untuk teks maupun grafis di mana umumnya printer laser saat ini mampu mencetak hingga 1200 x 1200 dpi.
Walaupun dari harganya lebih mahal, printer laser memiliki kemampuan mencetak cepat. Minimal dua kali lebih cepat dari printer inkjet. Untuk jumlah cetakan yang sama, harga tintanya kalau dihitung-hitung masih lebih murah dibandingkan dengan menggunakan printer inkjet. Misalnya ingin mencetak rancangan bangunan dengan arsitektur bagus beserta duplikat kunci bangunan tersebut. Jadi pengguna rumahan juga tak ada salahnya menggunakan printer laser, untuk alasan ekonomis.
Jenis yang ketiga yaitu printer multifungsi, adalah jenis printer yang selain berfungsi untuk mencetak, juga dilengkapi dengan fungsi lain seperti untuk faksimile dan scanning (memindai). Jika dihitung-hitung, dari segi harga, masih lebih murah printer jenis ini daripada Anda harus membeli satu persatu printer, mesin faksimile, dan scanner. Selain itu juga akan menghemat tempat.
Namun satu hal yang harus diingat, dengan meggunakan printer jenis ini maka pekerjaan copy, scan, dan lainnya harus dilakukan satu persatu sehingga apabila semua jenis pekerjaan sering dilakukan pada saat bersamaan, mungkin printer multifungsi ini kurang cocok untuk Anda, karena banyaknya waktu yang akan terbuang untuk menunggu. Tentunya kita ingin seperti gerakan shaolin kungfu yang cepat pergerakannya. Hal lainnya yang perlu dipertimbangkan juga, yaitu jika terjadi masalah pada salah satu fungsinya, sehingga peralatan harus dikirim ke service center, berarti Anda tidak dapat menggunakan ketiga fungsi itu pada saat bersamaan. (sumber: http://gomecomputer.com )
2. Kualitas hasil cetakan menjadi salah satu hal yang perlu anda perhatikan ketika memilih printer. biasanya kualitas hasil cetakan dapat dilihat dari tingkat resolusi sebuah printer tersebut. Oleh sebab itu, semakin tinggi tingkat resolusi sebuah printer, maka semakin baik pula hasil cetakan anda.Mobilitas yang tinggi dalam bekerja, tentunya membutuhkan kecepatan yang tinggi. Begitu pula ketika anda ingin mencetak berbagai macam dokumen. Pilihlah printer yang dapat dengan cepat menghasilkan cetakan, tetapi dengan warna yang tetap baik. Hal ini biasanya tergantung pada kapasitas memori dan kecepatan prosesor printernya.
Pilihlah printer yang tidak hanya berfungsi untuk mencetak dokumen, tetapi juga memiliki fungsi tambahan yang lainnya. Fungsi-fungsi seperti, memindai dan memfotokopi patut anda perhitungkan ketika memilih printer. Sebab dengan memilih printer yang mutifungsi, anda dapat menghemat biaya untuk kebutuhan mesin fotokopi dan mesin scanner.
Hal yang terpenting lainnya, pilihlah printer yang memiliki teknologi tinggi, tetapi dengan ukuran ekonomis. … Jangan lupa pula untuk memilih printer yang ramah lingkungan. … (Contoh printer berkualitas: C2255 dari Fuji Xeroc, dan lain-lain) INO/Klasika/Kompas/ 21/11/2008)
(sumber : teknologikomunikasi2008.wordpress.com)
3. CANON IP 1980 (RESMI, PENGGANTI 1880) Rp475.000
CANON IP 100 (RESMI, PORTABLE PRINTER + BATERAI) Rp3.150.000
CANON MP 145 (RESMI) Rp697.000
CANON IP 4500 (RESMI, ~ R 230) Rp1.245.375
CANON MX 308 (PRINT, SCAN, COPY, FAX) Rp1.177.500
HP F 2235 (3 IN 1) RESMI Rp613.500
HP OFFICEJET 3608 (4 IN 1) RESMI Rp1.063.125
HP LASERJET 1005 (PENGGANTI 1006) RESMI Rp1.146.500
HP 1280 (A3) USB RESMI Rp2.632.500
EPSON T 11 (PENGGANTI C 90) RESMI Rp592.313
EPSON T 20 RESMI Rp614.500
EPSON TX 111 (PENGGANTI 101)RESMI Rp810.000
EPSON STYLUS PHOTO 1390 (A3) RESMI Rp3.746.250
EPSON R 230 (RESMI) Rp1.589.625
EPSON LX-300 (USB & PARALLEL) RESMI Rp1.701.000
EPSON LQ-2180 RESMI Rp6.019.313 (sumber : cari-duit-tambahan.co.id )

4.Pertama-tama klik Start-Printers and Faxs
kemudian klik Add Printer
Setelah itu perhatikan tanda contreng atau tanda centang pada Local printer attached to this Computer, ini dipilih apabila kita menginstall driver untuk printer yang terpasang langsung (local) pada komputer kita dan bila menginstall driver printer yang berada pada komputer lain dalam jaringan maka berikan tanda centang pada A network printer, or a printer attached to another computer.

Pada praktek kita kali ini karena installasi driver lokal maka tidak usah diubah atau tetap pada pilihan Local printer attached to this Computer kemudian klik Next
Setelah klik Next maka kita dihadapkan pada pemilihan port yang digunakan untuk printer lokal yaitu LPT1 kemudian klik Next.

Pada jendela Install Printer Software, tentukan pilihan Jenis Printer yaitu "EPSON" yang berada pada jendela sebelah kiri dan Nama Printernya adalah "Epson LX-800" yang berada pada jendela sebelah kanan kemudian klik Next.Kemudian pada jendela Name Your Printer ketikan nama printer yang dikehendaki misalnya "Epson LX-800" selanjutnya tekan Next.

Langkah berikutnya menentukan apakah printer yang diinstall ini akan digunakan sendiri atau digunakan bersama dalam jaringan. Apabila digunakan sendiri maka pilih Do not share this printer dan apabila printer tersebut nantinya juga digunakan oleh komputer lain dalam jaringan maka harus pilih Share Name dan ketikan nama printer yang nantinya berfungsi untuk nama printer yang dapat dilihat dan di install pada komputer lain dalam jaringan tersebut.

Karena pada praktek kali ini tidak untuk printer jaringan maka pilih do not share this printer dan klik next untuk masuk pada jendela Print Test Page.Jika ingin melakukan print test page (printer akan melakukan pencetakan pertama kali secara otomatis) kaka pilih Yes dan jika tidak maka pilih No, setelah itu klik Next dan Finish.

Installasi driver printer sudah selesai selamat menggunakan printer untuk mencetak dokumen anda. (sumber : barajakom.blogspot.com )



5.Masukkan CD berisi piranti lunak VT12 kedalam CD-ROM computer anda, Prosedur Instalasi akan berlangsung otomatis. Jika program auto-run tidak berjalan, Buka explorer kemudian buka isi CD-ROM, cari berkas setup.exe kemudian tekan tombol mouse anda dua kali pada file di CD.
1. Pilih bahasa yang diinginkan pada window “Choose setup language” seperti yang ditampilkan di figure 1. Silakan pilih bahasa yang diinginkan.
2. Ikuti persiapan instalasi VT12. Baca informasi dan
kemudian klik kiri tetikus anda pada tombol next.
Lihat figure 2.
3. Di path instalasi Dialog Box (figure 3) , silakan
tentukan direktori tempat anda ingin menyimpan
aplikasi anda, lanjutkan dengan menekan tekan
tombol next,
4. Ikuti persiapan menyalin berkas yang muncul, Baca
informasinya dan tekan tombol next.
5. Pada status instalasi window akan menampilkan
VT12 telah diintalasi. Lihat figur 5.
6. Ikuti , jika muncul figure 6 , dan tekan tombol
“ continue anyway”
7. Ketika instalasi selesai , window “Install Shield
Wizard Completed” akan muncul.
8. Tekan tombol Finish.
Instalasi Perangkat Keras
1. Masukkan kartu SIM anda ke dalam Modem. Hal ini diperlukan untuk koneksi ke internet. Catatan: Permukaan SIM card yang mengandung warna emas harus mengarah ke bawah, dan orientasi peletakan kartu disesuaikan dengan gambar.
2. Masukkan modem ke dalam slot USB computer anda. Microsoft Windows akan membaca informasi dari Modem dan mengkoneksikan driver untuk setiap fungsi yang ada pada VT12. Anda dapat melihat proses yang muncul pada kanan bawah layar computer anda , lihat figur 8.
3. Ikutin persiapan figur 9-1 dan figur 9-2 yang muncul, klik “continue anyway”
4. Lihat figur 10 ( Perangkat keras anda sudah terinstalasi dan sudah siap untuk digunakan) akan muncul
5. Instalasi berhasil (sumber :Internet )

6.ergantung dari bentuk peta, anda dapat mengubah orientasi kertas apakah portrait (berdiri) atau landscape (tidur). Bila bentuk peta seperti di atas posisi kertas yang baik adalahLandscape. Pengaturan ini dapat dilakukan pada menu File - Page Setup. Kotak dialog berikut akan tampil.

Gambar 15.8. Kotak dialog Page Setup.
Pilih ukuran kertas yang akan digunakan untuk mencetak. Pada contoh ini digunakan kertas A4. Source (sumber kertas) adalah Auto Feeder artinya printer dapat mengambil kertas sendiri. Orientasi dipilih Lanscape dan margin digunakan ukuran default. Anda dapat mengklik tombol Printer untuk memilih jenis printer yang akan digunakan untuk mencetak. Kotak dialog berikut akan muncul.

Gambar 15.9. Kotak dialog pemilihan jenis printer.
Bila pengaturan kertas dan printer telah selesai, klik OK dua kali. (sumber : rsandgis.com)

7.
1. Reboot komputer Anda. Ini biasanya paling solves pencetakan masalah.
2. Jika tidak dicetak, atau Anda menerima pesan tentang Faks printer, mengubah printer default: Mulai – Settings – Printers / faks. Klik kanan printer yang Anda inginkan, kemudian pilih (klik kiri) Tetapkan sebagai default.
3. Periksa dan pastikan semua koneksi yang terjadi dan berasal dari printer yang kuat di tempatnya.
4. Pastikan printer on-line:
* Start – Settings – Printers, klik kanan printer.
* Jika tidak ada tanda centang oleh “Tetapkan sebagai default”, kiri-klik opsi untuk memilihnya.
5. Mencetak halaman. Jika cetak dan aplikasi yang anda gunakan tidak, Anda mungkin perlu menghubungi aplikasi dari vendor untuk mendukung.
6. Matikan printer selama 10 detik, kemudian hidupkan kembali. Membuat catatan dari setiap pesan error atau lampu kilat ketika printer berpaling kembali.
7. Jika printer terhubung langsung ke komputer lain, coba yang rebooting komputer. Jika printer terhubung ke kotak JetDirect, coba JetDirect kotak unplugging yang selama 10 detik.
8. Anda mungkin ingin uninstall and then re-install printer.
Instalasi dan menguninstall printer
Untuk uninstall:
1. Start – Settings – Printers / faks, klik kanan Printer
2. Pilih (klik kiri) Hapus; berkata Ya untuk menghapus file yang terkait, jika ditanya.
Untuk menginstall printer jaringan:
1. Start – Settings – Printers / faks
2. Tambahkan Printer – Berikutnya
3. Printer lokal, tetapi matikan otomatis mendeteksi kotak
4. Klik Ciptakan sebuah port, dan pilih TCP / IP dari daftar drop-down; Berikut
* Jika Anda menginstal ulang printer yang menggunakan alamat IP yang sama, pilih “Gunakan berikut port” kemudian pilih alamat IP dari daftar drop-down.
5. Printer ketik nama atau alamat IP, Selanjutnya, Selesai
6. Pabrik dan kemudian pilih model yang tersedia dari daftar
7. Anda dapat menyimpan nama yang disarankan printer atau dimasukkan ke dalam sesuatu yang masuk akal untuk Anda. Klik Next dua kali.
8. It’s menyarankan agar Anda mencetak halaman, kemudian klik Next dan Finish.
Jika printer yang terhubung langsung ke komputer Anda, Anda biasanya dapat uninstall dan kemudian restart komputer, dan Windows XP akan secara otomatis menginstalnya. Untuk menginstal printer yang terhubung ke orang lain workstation, atau jika langkah ini tidak bekerja atau tampaknya dahsyat, silahkan hubungi [email wrote:nebula-support@cac.washington.edu[/email wrote:. Termasuk hasil dari salah satu langkah yang Anda lakukan, dan jika mungkin, nama printer, dan. Jika Anda meminta perbaikan kerja (kemacetan printer, memori tambahan), harap sertakan anggaran nomor, dan nama dan nomor telepon dari anggaran koordinator.
Cetak halaman
Petunjuk ini akan memungkinkan Anda mencetak halaman untuk sebagian besar printer:
1. Start – Settings – Printer
2. Klik kanan nama printer, kiri-klik Properties
3. Klik tombol Print Test Page.
Mendapatkan nama printer
Printer dapat memiliki hingga tiga nama:
1. Nama yang dapat ditemukan pada jaringan;
2. Alamat IP yang ditugaskan untuk itu;
3. J julukan diberikan kepadanya oleh pemiliknya.
Untuk menginstal printer, anda harus mengetahui salah satu (1) atau (2) di atas. Jika orang lain telah printer terinstal, Anda dapat menemukan informasi yang diperlukan pada komputer mereka:
(theekem.wordpress.com)
8. Dalam keadaan error maka printer dalam kondisi sibuk dan tidak siap dilakukan inspeksi, langkah awal untuk inspeksi diharuskan memasukkan printer pada mode service dengan cara sebagai berikut:
1. Dalam kondisi printer mati dengan printhead catridge terpasang,
pada saat power off (tanpa listrik) tekan dan tahan tombol power (sebelah kiri) kemudian
berikan power (masukkan kabel listrik).
2. Dalam kondisi tombol power masih tertekan, tekanlah tombol resume
(sebelah kanan) 2 kali, kemudian lepaskan tombol power,
dan tunggulah beberapa saat setelah lampu tidak berkedip.
3. Setelah lampu tidak mengindikasikan adanya error
berarti printer siap untuk diinspeksi, apabila masih ada indikasi error lain
silahkan cek apakah printhead cartridge sudah terpasang,
atau cobalah cek indikasi kode error tersebut.(sumber :waonezovic.blogspot.com )

9. Virus komputer dapat merusak (misalnya dengan merusak data pada dokumen), membuat pengguna komputer merasa terganggu, maupun tidak menimbulkan efek sama sekali.
Virus komputer umumnya dapat merusak perangkat lunak komputer dan tidak dapat secara langsung merusak perangkat keras komputer (terutama pada sistem operasi , seperti sistem operasi berbasis keluarga Windows (Windows 95, Windows 98/98SE, Windows NT, Windows NT Server, Windows 2000, Windows 2000 Server, Windows 2003, Windows 2003 Server, Windows XP Home Edition, Windows XP Professional, Windows XP Servicepack 1, Windows XP Servicepack 2) bahkan GNU/Linux. Efek negatif virus komputer terutama adalah perbanyakan dirinya sendiri, yang membuat sumber daya pada komputer (seperti CPU Time, penggunaan memori) menjadi berkurang secara signifikan. Hampir 95% Virus adalah virus komputer berbasis sistim operasi Windows. Sisanya, 2% menyerang Linux/GNU (dan Unix, sebagai source dari Linux, tentunya), 1% menyerang Mac terutama Mac OS 9, Mac OS X (Tiger, Leopard). 2% lagi menyerang sistim operasi lain seperti FreeBSD, OS/2 IBM, dan Sun Operating System. ( sumber : pustakaeke.web.id )
10. Klik tombol Office di sudut kiri atas, kemudian klik Word Options. Lalu, klik halaman Advanced. Lihat di sebelah kanannya. Gulung scroll mouse untuk mencari pilihan Show measurements in units of. Apabila sudah ketemu, klik di segitiga sebelah kanannya untuk memilih pilihan Centimeters. Terakhir klik OK. (sumber : rachmatwahidi.wordpress.com ).

0 komentar: